Lebih Jauh Mengenal Penyakit Jantung Koroner – Tanya di SehatQ.com

Pernakah dari kalian mendengar penyakit jantung coroner? Atau pernahkah kalian melihat orang yang terkena serangan jantung? Di dalam artikel ini SehatQ.com akan membahas lebih lengkap mengenai penyakit jantung coroner. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Apabila Anda sedang mengalami masalah jantung, dokter kami di SehatQ.com akan membantu anda dengan senang hati. Dokter di SehatQ.com sangat professional dalam memberikan penjelasan dan bantuan ke pada anda.

Penyakit jantung coroner (PJK) merupakan salah satu penyakit degeneratife yang akan dialami seseorang seiring dengan pertambahan usianya. Yang menjadi penyebab dari peyakit jantung coroner karena kebiasaan memakan makanan yang tinggi lemak. Kandungan lemak di dalam makanan akan menyebabkan terjadinya penumpukan lemak yang cukup tinggi di dalam pembuluh darah, inilah yang nantinya akan menyebabkan terbentuknya plak plak di dalam pembuluh darah atau sering dikenal dengan atherosclerosis.

Jika penumpukan lemak ini terjadi pada arteri coronary yang berfungsi untuk memberikan nutrisi pada otot jantung maka ini akan menyebabkan Penyakit Jantung Koroner (PJK).

Di dalam tubuh manusia terdapat jantung yang di ibaratkan seperti mesin pompa, sedangkan pembuluh darah di ibaratkan seperti pipanya.  Bila dinding dari pipa mengecil sehingga tekanan di dalam pipa otomatis akan meningkat dan kinerja pompa akan semakit berat. Jika di dalam pipa tersebut terdapat banyak plak plak yang menghambat laju air di dalam pipa maka kerja pompa akan semakin berat pula. Terbayangkan oleh kita bagaimana fungsi dari jantung dan pembuluh darah jika terjadi penumpukan plak.

Penumpukan plak ini juga akan menyebabkan tekanan darah menjadi lebih tinggi dan pompa jantung akan semakin meningkat. Jika anda pernah mendengar dokter berkata jantung sedang bengkak (hipertropi miokardium), hal itu menunjukkan jantung anda sedang bekerja berat.

Setelah kita mengetahui tujuan dari pembuluh darah yang akan mengantarkan nutrisi untuk semua sel sel tubuh. Setiap sel tubuh kita sangat memerlukan nutrisi tersebut untuk melakukan tugas nya masing masing. Nah ketika salah satu dari fungsi organ tidak berkerja dengan baik maka akan mengganggu kerja organ lainnya. Saat ada penyumbatan  di arteri coroner akan membuat kemampuan jantung untuk memompa darah terganggu dan ketika dibiarkan  akan menyebabkan kegagalan fungsi jantung dan dapat berakibat kematian.

Taukah anda Penyakit jantung coroner ini bukan lah penyakit yang menular tetapi saat ini penyakit jantung coroner merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia. Sudah tercatat lebih dari 7 juta orang yang meninggal karena PJK data tahun 2015 menurut WHO. Di Indonesia penderita Penyakit Jantung coroner yang meninggal dunia sudah lebih dari 2 juta orang pada tahun 2013. Dari data tersebut dikelompokkan usia yang rentan terkena PJK adalah usia 45 – 54 tahun.

Ketahuilah ada salah satu kebiasaan yang dapat meningkatkan terjadinya risiko lebih besar terkena penyakit jantung coroner ini yaitu kebiasaan merokok. Rokok menjadi salah satu yang sangat berperan dalam meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung coroner. Perokok memiliki risiko terkena PJK 24% lebih besar dibandingkan dengan bukan perokok. Jantung akan bekerja lebih berat daripada biasanya akibat dari kandungan nikotin dan karbon monoksida yang trdapat didalam rokok.  Kedua zat ini akan meningkatkan risiko terjadinya gumpalan di dalam pembuluh darah arteri. Cukup mengkhawatirkan bukan?

Namun anda tidak perlu khawatir saat ini ada beberapa cara yang dapat mencegah penyakit jantung coroner. Anda dapat melakukan olahraga secara rutin, menerapkan pola makanan sehat dan gizi seimbang, berhenti dari kebiasaan merokok, menurunkan berat badan berlebih, mengontrol tekanan darah, dan yang paling utama adalah mengendalikan stress.

Ketika anda mengalami gejala jantung coroner, segeralah konsultasikan dengan dokter Kami di SehatQ.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *